Tips Menjaga Peredaran Darah Bekerja Optimal Agar Tubuh Tetap Sehat

Menjaga Peredaran Darah

Peredaran darah yang kurang lancar dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kamu harus memastikan peredaran darah tetap lancar agar oksigen dapat mengalir ke seluruh tubuh. Sistem peredaran darah manusia adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostasis).

Mengutip laman Wikipedia, ada dua jenis sistem peredaran darah yaitu sistem peredaran darah terbuka, dan sistem peredaran darah tertutup. sistem peredaran darah, yang merupakan juga bagian dari kinerja jantung dan jaringan pembuluh darah (sistem kardiovaskuler) dibentuk.

Mengingat perannya yang sangat vital, menjaga peredaran darah berfungsi optimal tentu harus diperhatin. Mengutip laman Miss Kyra, berikut tips memperlancar peredaran darah agar tubuhmu lebih sehat.

1. Jangan Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama akan berdampak pada peredaran darah dan otot. Bahkan, duduk terlalu lama dapat memperpendek usia. Jadi, bangkitlah dari duduk, berjalan sebentar dan lakukan peregangan setidaknya setiap satu jam sekali.

2. Minum Air Cukup

Menghidrasi tubuh akan membuat peredaran darah lebih lancar dan meningkatkan fungsi organ tubuh secara keseluruhan. 

3. Mengontrol Tekanan Darah

Jika tekanan darahmu tinggi, kamu bisa mengalami arteriosklerosis. Ini akan memadatkan arteri dan menghambat peredaran darah. Jadi, kontrol tekanan darah untuk memastikan peredarannya tetap lancar.

4. Menghindari Rokok

Merokok dapat membahayakan dinding arteri dan mengentalkan darah. Ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan pembekuan darah. Sehingga, kamu perlu menghindari rokok untuk 

5. Mengontrol Kolesterol

Untuk memastikan peredaran darah tetap lancar, kamu pembuluh darah yang sehat. Oleh karena itu, selalu kontrol kadar kolesterolmu. Kadar terlalu rendah maupun tinggi bisa berbahaya bagi tubuh. untuk artikel kesehatan yang lain nya anda bisa langsung mengunjungi website sehatq.com


0 komentar:

Posting Komentar