Kenali Jenis-Jenis Gula, Salah Satunya Gula Pasir Murah


Kenali Jenis-Jenis Gula, Salah Satunya Gula Pasir Murah

Gula merupakan salah satu bumbu dasar yang pasti ada dan tersedia di dapur Anda. Gula digunakan di setiap jenis masakan maupun pelengkap dari makanan maupun minuman yang Anda konsumsi setiap harinya. Gula pasir murah menjadi salah satu jenis gula yang sangat sering digunakan sehingga tidak mengherankan jika jenis gula ini sangat mudah dijumpai dan tentunya selalu ada di dalam dapur.

Ternyata gula memiliki beberapa jenis dan tidak hanya gula pasir saja yang ada di pasaran. Mengenal jenis-jenis gula akan membantu Anda memahami jenis gula mana yang harus Anda gunakan baik saat memasak maupun sebagai pemanis minuman.

Jenis-Jenis Gula Berdasarkan Bentuknya

Bagi Anda yang belum mengetahui jenis-jenis gula yang tersedia dan dapat digunakan, maka Anda dapat menyimak penjelasan di bawah ini.

1. Gula Merah

Jenis gula yang khas berbentuk padat dan berwarna cokelat ini juga menjadi pemanis yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Selain itu, jenis gula ini terbuat dari aren yang direbus sehingga warnanya kecokelatan. Jenis gula ini termasuk jenis gula tradisional dan banyak dijumpai dalam makanan maupun minuman tradisional di Indonesia.

2.  Gula Bubuk

Jenis gula berikutnya sangat berbeda dan berbanding terbalik dengan gula merah. Jenis gula yang satu ini berbentuk seperti bubuk dan bertekstur halus serta berwarna putih. Jenis gula ini biasanya tidak digunakan sebagai bahan pemanis karena rasa manis yang diberikan biasanya tidak terlalu terasa.

3. Gula Pasir

Jenis gula bentuk pasir ini tentunya sudah tidak asing bagi Anda. Jenis gula pasir murah ini memang sudah banyak sekali digunakan. Gula pasir ini merupakan jenis pemanis yang sangat banyak digunakan sebagian besar masyarakat. Gula pasir terbuat dari tebu dimana teksturya berbentuk butiran kristal yang kasar.

4. Gula Batu

Gula jenis ini memiliki tekstur yang padat dan biasanya berbentuk persegi. Bentuknya memang sangat berbeda dengan yang lain tetapi tetap digunakan sebagai pemanis. Gula jenis ini mungkin cukup jarang untuk ditemukan di rumah dan biasanya dapat Anda temukan seperti cafe karena digunakan sebagai pemanis minuman.

Kegunaan Gula Berdasarkan Jenisnya

Setelah membahas mengenai jenis-jenis dari gula, maka Anda perlu mengetahui kegunaan dari guka dilihat dari jenisnya. Hal ini karena berdasarkan jenis yang telah dipaparkan di atas, gula memiliki kegunaan yang berbeda sehingga Anda perlu mengetahuinya agar tidak salah dalam menggunakannya.

1. Gula Merah dan Gula Pasir

Gula jenis ini biasanya digunakan sebagai pemanis dalam masakan baik itu bubur hingga kue-kue. Rasanya yang manis dan bernuansa tradisional pada gula merah akan memberikan cita rasa nikmat pada makanan.

Selain itu, gula merah juga dapat dijadikan campuran minuman tetapi Anda perlu melelehkannya terlebih dahulu. Begitupun sebaliknya, dimana gula pasir juga dapat digunakan pada makanan maupun minuman.

2. Gula Bubuk

Berbeda dengan jenis gula merah yang biasanya digunakan sebagai pemanis makanan maupun minuman, gula jenis bubuk ini lebih cocok untuk digunakan sebagai garnish atau mempercantik makanan. Walaupun memberikan rasa manis tetapi rasa manisnya tidak akan terlalu terasa sehingga lebih cocok digunakan sebagai taburan dibanding mencampurkannya langsung pada minuman atau makanan.

Itulah beberapa jenis maupun kegunaan dari gula. Pemilihan gula yang berkualitas sebaiknya diprioritaskan, terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu yang harus membatasi konsumsi gula. Tidak salah jika Anda memilih gula pasir murah, hanya saja pastikan gula tersebut memiliki kualitas yang bagus.

0 komentar:

Posting Komentar